Skip to content

SUTRADARA UTAMA

I. Yudhi Soenarto sebagai Macbeth dalam Tragedi Macbeth, Graha Bhakti Budaya, TIM, 2009
I. Yudhi Soenarto sebagai Macbeth dalam Tragedi Macbeth, Graha Bhakti Budaya, TIM, 2009

 

I. YUDHI SOENARTO merupakan pengajar drama di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Yudhi, yang penulis Introduction to Drama, buku materi pokok matakuliah Drama di Universitas Terbuka (1998), ini adalah pendiri Teater Sastra UI.

Spesialis Shakespeare ini juga pendiri dan ketua pertama Laboratorium Seni & Budaya FIB UI (1999-2003) dan direktur artistik Yayasan Teater Sastra. Selain itu, ia juga mengajar di Jurusan Teater Institut Kesenian Jakarta (IKJ/1999-2009) dan anggota Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ/2006-2009).

Ia menerima Fulbright Scholarship dari Pemerintah Amerika Serikat untuk memperdalam seni teater dan memperoleh gelar Master dalam Seni Murni Teater dari State University of New York. Yudhi pun memiliki pengalaman mengajar matakuliah teater bagi mahasiswa Amerika tingkat S1 di almamaternya.

Meski sibuk, Yudhi juga masih sempat memperdalam seni pertunjukan pada jurusan Performance Studies di New York University (NYU). Semasa di Amerika, ia pun mengikuti casting serta audisi yang sangat ketat, bersaing dengan aktor-aktor teater Amerika.

Kejutan berhasil dia buat, saat pertama kali audisi, ia mampu menyisihkan ratusan aktor teater dan merebut peran utama sebagai Leonardo dalam produksi pementasan Bloodwedding (sutradara John Lutterbie) di panggung Off-Broadway, NY. Sebagai aktor, ia pernah bermain sebagai Estragon dalam Waiting for Godot (sutradara Amy Sullivan), tampil dalam pentas eksperimental Slow Motion (sutradara Richard Schechner) dan bermain sebagai Yoga dalam drama yang ditulisnya dalam Bahasa Inggris, The Tiger Line, yang dipentaskan di Staller Center for the Arts, New York.

Meskipun karir sebagai aktor di panggung-panggung New York makin terbuka setelah ia berhasil memerankan berbagai tokoh dan karakter, ia tetap konsisten untuk menyebarkan pengetahuan teaternya di Indonesia.

Di samping aktif menulis tentang teater di berbagai media massa, beberapa tahun terakhir ini, Yudhi juga kerapkali memberi workshop akting dan penulisan drama di berbagai kota di Indonesia. Pada 2004, dengan difasilitasi oleh DAAD, ia diundang oleh kelompok EventProduktion, Jerman, untuk bermain dan menyutradarai, bersama sutradara Jerman Gerhard Dressel, pementasan Far Familiar Shores yang digelar di beberapa negara di Eropa.

Pada 2006, di samping menyutradarai Pagelaran Satu Rasa yang menampilkan maestro biola Idris Sardi dan penyair A. Mustofa Bisri di Gedung Kesenian Jakarta, bersama Teater Sastra, ia mementaskan Komedi (anti) Porno di Taman Ismail Marzuki.

Idenya untuk mengangkat masalah HIV ke atas panggung ia wujudkan tahun 2008 dengan pementasan “Sayang, Aku HIV; Kamu Ngapain Aja?” di Taman Ismail Marzuki. Pada 2009, ia mementaskan karya Shakespeare “Tragedi Macbeth” di Graha Bhakti Budaya TIM. Dia mengangkat isu pendidikan dengan pementasan “Sketsa Robot ver 2.0” di Graha Bhakti Budaya pada 2010.

Pada 2014, dia menyutradarai dan bermain dalam pementasan “Musuh Masyarakat” yang merupakan bentuk kritikan terhadap kesemerawutan kondisi masyarakat Indonesia saat ini.