Skip to content

Sepenggal Cerita Latihan Alam 2016

Latihan Alam 2016

Di dalam lingkaran itu, berpasang-pasang mata merekam bahasa-bahasa yang tak dapat diucapkan oleh lidah. Ada pesan yang melayang-layang di sana, berkumpul di udara tanpa suara. Kami menghirup udara yang sama dan saling membagi batin masing-masing. Kusapukan mataku kepada yang hadir, satu per satu: dengan merekalah proses pencarian akan dilanjutkan, kepercayaan akan ditambatkan. Tak luput, lari ke rekaman ingatan atas yang tak hadir, satu per satu: dari merekalah proses pencarian beranjak, kepercayaan telah dititipkan. Bagaimanapun takdir kepercayaan berujung, bagi yang hadir dan yang tak hadir, bagi yang datang dan yang pergi: “Semoga kita masih diberikan waktu untuk berkumpul dan berproses bersama.”

Pada tanggal 19—21 Februari 2016 silam, Teater Sastra UI mengadakan Latihan Alam bersama. Latihan ini bersifat anual dan sakral; hal ini disebabkan adanya proses inisiasi dan inaugurasi anggota baru Teater Sastra UI sebagai jantung Latihan Alam, sekaligus penentuan ketua baru Teater Sastra UI. Namun, latihan ini sendiri bersifat inklusif bagi siapa pun yang ingin merasakan latihan teater bersama di alam terbuka, sekaligus untuk mengenal kembali saudara-saudari yang akan menjadi rekan berproses untuk waktu yang akan datang.

Di tengah dinginnya bukit Ciloto, Latihan Alam Teater Sastra UI 2016 menjadi istimewa karena kehadiran istri dari guru Teater Sastra UI sekaligus pelatih yoga Teater Sastra UI, yang lebih akrab dipanggil Mbak Dewi. Alhasil, pada latihan kali itu nampak beberapa badan ditekuk dan dilipat sesuai instruksi Mbak Dewi. Menyenangkan bagaimana sosok seorang ibu hadir di latihan kali itu – suasana menjadi lebih hangat dan cair.

Keistimewaan terutama dibawa oleh para pasukan baru. Wajah-wajah pasukan ini tidak asing; paling tidak, sudah satu kali produksi akbar kehadiran mereka terasa. Walaupun begitu, anggota baru angkatan 2016 ini tetap membawa angin segar dan pengharapan bertambahnya rekan-rekan seperjuangan dalam keluarga ini:

  1. Afiq Shofy
  2. Deni Dwi Arta
  3. Naufal Praevia
  4. Shahnaz Kahlila
  5. Wahyu Ekananda (terdengar familiar)

Bersamaan dengan datangnya anggota baru bagi keluarga besar Teater Sastra UI, di bawah pengawasan Ikhaputri Widiantini atau yang biasa dipanggil Mbak Upie, Teater Sastra UI kini juga menyambut kerabat lama untuk latihan bersama: Selamat datang kembali, Teater Agora! Semoga dapat tumbuh dan berkembang bersama sesuai amanah ibunda tercinta, Mbak Upie.

Selain itu, dalam ranah organisasi, dengan terlaksananya Latihan Alam Teater Sastra UI 2016, telah terpilih (kembali) ketua umum Teater Sastra UI pada putaran tahun 2016: Claudia, Tesas 2014 (terdengar familiar). Jajaran Badan Pengurus Harian Inti 2016 juga telah terbentuk dengan nama-nama sebagai berikut:

  1. Ketua Umum : Claudia (Tesas 2014)
  2. Latihan : Naufal Praevia (Tesas 2016)
  3. Kuncen Mess : Made Anggiani Widiastiti (Tesas 2015)
  4. Mandataris DPM/Kesekretariatan : Shahnaz Kahlila (Tesas 2016)
  5. Bendahara Umum : Sarah Johana Magdalena (Tesas 2015)
  6. HPD : Afiq Shofy (Tesas 2016)

Latihan Alam pada tahun ini menjadi titik tolak paling telak bagi Teater Sastra UI untuk memaknai perubahan generasi. Bersama dengan itu, tak luput dihidupkan diskusi klasik yang tak pernah usang: Teater Sastra UI sebagai teater belajar yang selalu setia menghargai proses sebagai jantung keluarga ini. Zaman boleh berubah, dan generasi akan mengikuti, tetapi selalu ada identitas, ada nyawa yang teguh dijaga dalam komunitas teater ini.

Dalam tulisan ini, terekam doa bagi yang hadir dan yang tak hadir, yang datang dan yang pergi, agar selalu ingat untuk berbahagia; terekam harapan bagi kakak-kakak, dari yang jagoan Lenong, yang khatam buku pertama Stanislavski, yang jadi pejuang Macbeth, sampai yang masih galau urusan pekerjaan, untuk masih menyimpan gairah agar sekali waktu mampir berproses bersama; terekam doa bagi sobat yang juga ingin ikut berproses untuk tak urung ikut bergabung. “Semoga kita masih diberikan waktu untuk berkumpul dan berproses bersama” – I Yudhi Soenarto, Guru dan Pembimbing Teater Sastra UI.

Claudia
Claudia Contributor

Mahasiswi Program Studi Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia ini resmi bergabung ke dalam Teater Sastra UI sejak 2014. Alumni aktif PSUMB, anggota IKMI UI aktif, dan Staff Departemen Seni Budaya BEM FIB UI. Keseharian gadis yang doyan menulis ini selalu dipenuhi canda tawa.

Leave a Reply