Skip to content

Open Recruitment 30 Tahun Teater Sastra UI

oprec

Pada tahun ini, Teater Sastra Universitas Indonesia telah menginjak usia 30 tahun. Perayaan akan digelar, kemeriahan akan terhampar. Sejumlah acara disiapkan dalam helatan akbar bertajuk “30 Tahun Teater Sastra UI”.

Acara “30 Tahun Teater Sastra UI” ini akan diselenggarakan dalam dua rangkaian acara, yaitu:

PRE-EVENT

Acara pre-event ini akan diselenggarakan pada 12-14 Mei 2014 di Auditorium Gedung 9 FIB UI dan terbagi dalam beberapa babak acara, yaitu:

1. Pementasan

Setelah sekian lama Teater Sastra UI berkiprah di luar kampus, yaitu pementasan di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, kali ini kami ingin kembali berkarya di rumah sendiri. Dalam ranah pementasan kampus, Lenong Kampus menjadi ikon kami dan juga  sempat mengisi acara di TVRI. Kolaborasi dengan kelas Kajian Drama Sebagai Teater juga menjadi tontonan yang kerap kali dinantikan warga kampus. Namun, kali ini  sebuah pertunjukan tunggal tengah dipersiapkan. Tertarik ambil bagian?

2. Petang Puisi

Petang Puisi hadir memberikan wadah bagi mahasiswa, alumni, maupun para dosen untuk membacakan puisi baik karyanya sendiri atau orang lain, atau boleh juga, membacakan teks sastra lainnya. Tujuan acara ini sederhana, untuk mengapresiasi berbagai karya seni, khususnya karya sastra.

Mengusung konsep dan tema yang selalu segar, Petang Puisi telah diadakan sebanyak tujuh kali sejak dua tahun lalu. Acara ini juga diramaikan oleh bintang tamu dari kalangan sastrawan atau pun budayawan. Sebagai bentuk apresiasi bagi para peserta maupun penonton, kami menyediakan makanan kecil tradisional khas Indonesia yang dapat dilahap secara cuma-cuma.

3. Game Tournament

Nah, acara ini agak berbeda karena kami akan bekerja sama dengan komunitas games. Penasaran apa saja games yang akan diperlombakan? Makanya ayo gabung bersama kami.

4. Pameran Teater Sastra UI

Selain ketiga acara tersebut, kami juga akan mengadakan Pameran Teater Sastra UI yang akan menggambarkan perjalanan historis grup teater ini sejak pertama kali didirikan pada 1984 hingga saat ini. Tidak hanya foto yang dipamerkan, tetapi juga video, kostum, maupun set panggung dari beberapa pementasan yang pernah digelar.

MAIN EVENT

Gelaran utama dalam acara 30 Tahun Teatar Sastra UI adalah, seperti biasanya, Pertunjukan  di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, yang telah menjadi agenda tahunan kami. Pertunjukan terakhir membawakan lakon “Multimonolog Selingkuh” karya I. Yudhi Soenarto. Dalam pementasan kali ini Teater Sastra akan membawakan salah satu naskah dari William Shakespeare, sama seperti perayaan 25 Tahun Teater Sastra UI yang membawakan “Tragedi Macbeth”.

Selain itu, bagi para akademisi yang mendalami seluk beluk teater, kami akan meluncukan buku mengenai Teater Sastra UI yang menceritakan sejarah, metodologi latihan, hingga praktiknya selama 30 tahun terakhir.

 

Open Recruitment

Seluruh divisi dalam kepanitiaan 30 Tahun Teater Sastra ini dibuka. Ada beberapa divisi utama yang membawahi beberapa penanggung jawab.

1.      HPD

Divisi ini memiliki tiga bidang turunan, yaitu:

  • Media Partner. Teater Sastra telah bekerja sama dengan banyak media dari luar untuk mempublikasikan pementasan. Tak hanya media local dari kampus Universitas Indonesia, tetapi juga media-media yang mempunyai skala yang lebih besar. Antara lain Media social, Radio, dan Surat kabar.
  • Publikasi. Panitia dalam bidang publikasi akan mengurus bagian penyebaran informasi acara ini kepada warga FIB dan UI, bahkan sampai ke masyarakat umum melalui beberapa media seperti flyer, poster, spanduk, baliho, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Tak hanya publikasi dalam bentuk media, tetapi juga bisa dalam bentuk kreatif lainnya, seperti Road Show, Teaser dan lain sebagainya.
  • Dokumentasi. Dokumenasi akan bertanggung jawab terhadap pengambilan dokumentasi saat, mau pun sesudah acara digelar. Dokumentasi tak hanya bersifat foto, tetapi juga bisa berbentuk video.

2.      Keuangan

Divisi ini terbagi menjadi beberapa bidang, yaitu:

  • Sponsorship. Divisi ini bertanggung jawab dalam mencari sponsor untuk mendukung acara yang akan diselenggarakan. Bekerja sama dengan berbagai pihak sponsor, dalam bentuk dana, materi maupun jasa.
  • Dana Usaha. Divisi ini bertanggung jawab untuk mencari dana dengan kerja intern dari kepanitiaan.

3.      Logistik

  • Transportasi. Divisi ini bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang diperlukan.
  • Perlengkapan. Divisi ini bertanggung jawab secara logistic perlengkapan hari H setiap acara yang ada.
  • Konsumsi. adalah divisi yang akan bertanggung jawab terhadap penyediaan konsumsi bagi crew acara Teater Sastra mau pun ketika diperlukannya pengadaan konsumsi dalam beberapa acara seperti Petang Puisi

4,     Ticketing

Divisi ini bertanggung jawab dalam pengadaan tiket pementasan, baik itu di kampus maupun di Graha Bhakti Budaya, Divisi ini diharapkan mampu mengatur sistem jual beli tiket secara langsung maupun online melalui laman resmi teatersastraui.org yang akan dibuka menjelang pementasan.

****

Bagi yang tertarik untuk bergabung di salah satu bidang tersebut, diharapkan menghubungi Jocelyn: 0878 777 33 723 atau Adi: 085719529681, atau dapat langsung datang ke markas Teater Sastra UI di samping ruang BEM FIB UI.

Kami tunggu partisipasi dari anda. Salam Teater!

Teater Sastra UI
Teater Sastra UI Administrator

Leave a Reply